Kamis, 18 September 2008

Pernak Pernik Ramadhan 2008

Ramadan Bawa Berkah bagi Pedagang Dadakan

INDRAMAYU–Bulan Ramadan kerap membawa berkah bagi berbagai kalangan, tak terkecuali para pedagang dadakan yang berjualan menu untuk berbuka puasa. Suasana ramai sangat terasa di sepanjang ruas jalan, termasuk oleh para pembeli yang memburu tajil.
Pantauan Radar di Karanganyar, Sport Centre serta jalur menuju Pasar Induk Indramayu, banyak dipadati pedagang dan pembeli menjelang bedug magrib. Bahkan, para pedagang kebanyakan warga sekitar yang membuka lapak di depan rumah masing-masing.

Menurut penuturan salah satu pedagang di Karanganyar, Dedah (40), dirinya membuka lapak dagangan di bulan puasa sejak 4 tahun terakhir. Hal itu dilakukan untuk menambah pemasukan keuangan bagi kebutuhan keluarga, khususnya menejlang Lebaran. “Saya menjajakan makanan hidangan pembuka puasa seperti es kelapa, kolek dan sejenisnya. Untungnya lumayan meski jualannya hanya sekitar sebulan,” ujar ibu 3 orang anak itu.

Berbeda halnya yang diungkapkan Rosid (45), warga sekitar pasar induk Indramayu. Ia mengaku menjajakan makanan pembuka puasa sudah sejak lama. Karena sehari-harinya memang berjualan kebutuhan sembako, dan di bulan puasa membuka lapak khusus menyajikan tajil sebagai usaha tambahannya.

“Saya buka dari mulai pukul setengah lima sore. Tak perlu lama, cukup sejam saja untuk menghabiskan dagangan. Karena pembeli yang datang adalah langganan setiap bulan puasa tiba,” terang nya.
Sementara itu, Yudi Ramadhan (25), warga Sindang menuturkan, dirinya sengaja datang ke tempat langganananya di kawasan area pasar Induk Indramayu hanya untuk membeli tajil sambil ngabuburit. “Hampir setiap tahun menjelang puasa saya selalu membeli tajil di langganan saya. Selain rasanya enak, harga yang ditawarkan cukup terjangkau,” ungkapnya.

“Radar Indramayu – Syarif Alwi (alw)”

Tidak ada komentar: