Selasa, 16 September 2008

Gema Ramadhan 2008

Kajian Islami di Ponpes Al-Urwatul Wutsqo

SINDANG–Santri Ponpes Al-Urwatul Wutsqo Terusan Sindang menyambut datangnya bulan Ramadan dengan berbagai kegiatan islami. Selain kegiatan reguler pengajian sebagaimana hari-hari biasanya, para santri juga mengisinya dengan Study Islam Intensif Ramadan (SIIR) pada tanggal 18 hingga 22 September 2008. SIIR menempatkan santri di 6 kecamatan, yaitu Indramayu, Cantigi, Juntinyuat, Kandanghaur, Krangkeng dan Bangodua.

Pembina SIIR, Ustad Munandar SSosI mengatakan, kegiatan seperti itu rutin dilakukan di bulan Ramadan. Tujuannya untuk mengamalkan apa yang telah dipelajari di pondok pesantren.

“Tentunya sebagai pembelajaran bagai para santri ketika sudah lulus dari pondok dan terjun ke masyarakat. Kegiatan ini diikuti siswa SMP hingga Madrasah Aliyah,” ujar Munandar, Senin (15/9) di ponpesnya.

Sementara itu, suasana menjelang berbuka puasa dihiasi kegiatan keagamaan, seperti pengajian Alquran dan diskusi islami. Seperti halnya ketika kholakoh, para santri dibimbing oleh pengajar untuk memecahkan permasalahan yang ada. Sehingga setiap santri dituntut memiliki pemikiran yang matang sebagai pembelajaran ke depan. “Kami ingin bulan Ramadan ini penuh makna dan keberkahan, sehingga hiasi bulan yang suci ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif,” tuturnya.

"Radar Indramayu - Syarif Alwi (alw)"

Tidak ada komentar: