Senin, 22 September 2008

Sembako


Harga Daging Mulai Merangkak Naik

INDRAMAYU–Sepuluh hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, harga daging sapi, kambing dan ayam mengalami lonjakan cukup besar. Lonjakan tersebut diikuti beberapa kebutuhan bahan pokok lainnya, seperti minyak sayur dan bumbu dapur. Pantauan koran ini di beberapa pasar tradisional di Indramayu, harga kebutuhan daging mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir. Di Pasar Induk Indramayu misalnya, daging sapi dijual Rp58 ribu/Kg, atau naik Rp4 ribu. Sedangkan kambing Rp52 ribu/Kg dari sebelumnya Rp48 ribu. Sementara daging ayam mencapai Rp24 ribu per ekor. Kenaikan tersebut dipicu semakin meningkatnya daya beli masyarakat menjelang akhir bulan Ramadan. Diperkirakan, pada H-2 harga tersebut kembali akan mengalami lonjakan.

Penjual daging sapi dan kambing, Faray, menuturkan, kenaikan tersebut dianggap wajar karena selalu terjadi setiap tahun. Sebab, daging yang didapat terbatas, sementara daya beli semakin meningkat. “Faktor kenaikan ditentukan oleh daya beli masyarakat. Stok daging saat ini masih mencukupi hingga menjelang lebaran, walaupun dibatasi jumlah pengambilannya bagi penjual,” ujar Faray, Minggu (21/9).
 
Sementara itu penjual daging ayam, Diah menambahkan, kenaikan harga saat ini mencapai Rp5.000 sampai Rp6.000 per ekornya. Diah mengaku, omset yang didapat saat Ramadan kali ini menurun hingga 30 persen. Namun secara keseluruhan penjualan ayam relatif stabil.
 
“Akibat kenaikan harga saat ini, tentunya pembeli banyak yang mengeluh. Tapi apa mau dikat, sudah dari harga pasarannya naik. Harga yang saat ini Rp24 ribu per ekor, mendekati Lebaran diyakini akan naik kembali,” keluhnya.

"Radar Indramayu - Syarif Alwi (alw)"

Tidak ada komentar: